Mengenal KDI, Suksesor Dangdut Terbesar Pertama di Indonesia

Nonton Streaming Road to KDI 2021  - RCTI+
source gambar : rctiplus.com

Siapa sih yang tidak mengenal KDI alias Kontes Dangdut Indonesia? Ya, popularitas dan eksistensi KDI terus tidak tergoyahkan hingga saat ini. Ini dibuktikan siaran MNCTV hari ini masih saja menjadikan KDI sebagai acara primadona.

Untuk diketahui, saat ini MNCTV menamakannya Kontes KDI 2021. Dulunya, yakni pada awal masa ‘perintisan’, KDI merupakan singkatan dari Kontes Dangdut TPI. Dan, perlu Anda ketahui, bahwa KDI adalah suksesor kontes dangdut terbesar pertama di Tanah Air.

Nah, setelah KDI mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia, muncullah beberapa kontes dangdut lainnya, seperti Liga Dangdut Indonesia dan D’Academy. Namun, KDI sebagai acara mingguan MNCTV masih tetap digandrungi banyak pemirsa.

Asal Usul Tercetusnya Acara KDI

Tidak sedikit orang yang mengetahui latar belakang atau awal mula tercetusnya acara KDI. Oleh karenanya, jika Anda termasuk orang yang termaksud, tidak ada salahnya untuk mengetahui terkait hal itu.

KDI merupakan wadah bagi ‘bibit’ penyanyi dangdut yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. adalah Nala Rinaldo, sosok yang mencetuskan ide acara KDI. Ia melihat bibit penyanyi dangdut di berbagai daerah itu kurang mendapatkan kesempatan dan fasilitas tampil secara nasional, padahal secara potensial, mereka mumpuni.

Melihat Perjalanan KDI dari Masa ke Masa

Seperti yang kami sebutkan di atas, dulunya KDI memiliki kepanjangan Kontes Dangdut TPI. Kontes dangdut terbesar ini mendapatkan sponsor dari MNC, yang mana kontestan lulusannya akan langsung dikontrak oleh Star Media Nusantara (SMN). SMN sendiri merupakan manajemen artis besutan MNC.

Pada awal ‘perintisan’, acara KDI dipandu oleh Ramzi yang bertahan hingga musim ke-4. Kemudian, host KDI musim ke-5 diisi oleh Irfan Hakim. Dan, pada musim ke-12, Ruben Onsu yang mengisi pemandu acara.

Adapun host perempuan diisi oleh Ussy Sulistiawaty pada awal perintisan hingga musim ke-2. Kemudian, host KDI musim ke-3 diisi oleh Asti Ananta yang tidak lama diganti lagi oleh Vega Darwanti.

KDI tidak saja menjadi kontes dangdut terbesar pertama di Indonesia, melainkan juga menjadi kontes dangdut yang sangat seru ditonton. Ini dikarenakan setiap kontestan yang akan tampil mendapatkan berbagai pelatihan dari ahlinya. Berbagai pelatihan yang dimaksud di antaranya olah vocal, penampilan, koreografi hingga busana.

Bekal pelatihan ini-lah yang membikin persaingan lebih hidup. Terlebih hampir mencapai babak final, persaingan (pastinya) akan semakin ketat.

Di sisi lain, juri yang dihadirkan untuk memberikan penilaian kepada para kontestan KDI juga sangat berpengalaman dan terkenal. Beberapa penyayi dangdut yang pernah duduk sebagai juri KDI di antaranya Rhoma Irama, Ayu Ting Ting, Erie Suzan, Rita Sugiarto, Iis Dahlia dan Zaskia Gotik.

Seperti Apa Tahapan Seleksi Konstestan KDI?

Seleksi kontestan KDI dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung hingga Yogyakarta. Peserta nantinya harus sukses melewati tiga tahapan seleksi untuk menuju Gerbang KDI.

Tahap pertama, pihak KDI akan memilih 50 perserta untuk menyanyikan setengah lagu (menggunakan musik iringan). Kemudian, pada tahap kedua akan diambil 15 peserta dari 50 peserta sebelumnya untuk menyanyikan sepenggal lagu dangdut dan menjawat pertanyaan tertentu. Dan, pada tahap ketika akan diambil lima peserta di setiap kota. Nah, mereka ini-lah yang akan menuju Gerbang KDI.

Keseruan Kontes KDI 2021 memang sangat disayangkan jika dilewatkan. Terlebih, akhir-akhir ini persaingan antar kontestan semakin ketat. Anda bisa menonton Kontes KDI 2021 via smartphone di RCTI+.

Selain itu, RCTI+ juga menyuguhkan tontotan-tontonan menarik lainnya yang (juga) sayang jika dilewatkan. Yuk nonton berbagai acara menarik di RCTI+ sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *