Dapat Tawaran Pinjol via SMS dan WA, Apakah Aman?

Jika kamu salah satu yang mendapatkan tawaran pinjaman mudah dan  dengan bunga yang rendah lewat WA maupun SMS,  maka kamu perlu waspada karena penawaran tersebut tidak lumrah alias hanya dilakukan oleh pinjaman online yang ilegal.

Perusahaan pinjaman online biasanya memberikan penawaran lewat iklan digital maupun agen telemarketing yang biasanya melakukan panggilan langsung serta merekam semua percakapan antara konsumen dengan telemarketer nya.

Patut dicurigai jika ada pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang hanya bermodalkan penawaran pesan singkat melalui SMS dan WA.

Tawaran pinjaman SMS dan WA Ilegal!

Menurut informasi dari OJK yang dilansir dari cnbc Indonesia, bahwa pinjaman online dilarang menawarkan produknya melalui pesan singkat tanpa persetujuan dari konsumen yang dihubungi nya.

 Artinya setiap pesan yang dikirimkan kepada konsumen harus disetujui terlebih dahulu sebelum penawaran-penawaran itu dikirimkan. Sehingga ada privacy dan policy yang tidak dilanggar oleh perusahaan pinjaman online online.

Jika perusahaan pinjaman online sudah mengirimkan terlebih dahulu maka perusahaan tersebut patut dipertanyakan. Bagaimana dia mendapatkan data nomor telepon customer nya tanpa ada persetujuan untuk mengirimkan pesan pesan singkat sebelumnya.

Abaikan dan blokir tawaran

Jika sudah terlanjur menerima banyak pesan maupun wa dari beberapa pinjaman online langkah yang perlu dilakukan adalah mengabaikan dan memblokir tawaran-tawaran tersebut secara tegas.

Setiap smartphone kini memiliki sistem filter pesan yang akan masuk sama halnya seperti proses filtering email atau surat elektronik yang bisa langsung memasukkan pesan-pesan tidak dikenal ke kotak spam.

Dengan cara tersebut kamu akan aman dari tawaran-tawaran pinjaman online cepat cair bayar bulanan lewat WA maupun SMS yang tidak diketahui sumbernya apalagi pengirimnya.

Hindari pinjam lewat pinjaman ilegal 

Tujuan dari langkah tersebut adalah jangan pernah meminjam lewat pinjaman online ilegal atau perusahaan yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.  Hal yang perlu dihindari dari pinjaman online ilegal adalah tidak adanya payung hukum yang jelas jika terjadi perselisihan atau hal yang merugikan debitur.

Cek legalitas pinjaman online lewat OJK

Cara mudah untuk mengecek keabsahan atau legalitas sebuah perusahaan yaitu dengan mencari nama perusahaannya lewat situs resmi Otoritas Jasa Keuangan yang biasanya di update setiap bulan.

Perlu kamu ketahui bahwa ada cukup banyak fintech atau perusahaan pinjaman online dengan beragam fitur maupun layanan. Namun, yang paling penting adalah pilih yang memang sudah terdaftar dan memiliki izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan payung hukum yang jelas, serta jaminan keamanan data tidak diperjualbelikan. Jikapun terjadi kebocoran data, debitur bisa menuntut atas kejadian tersebut karena payung hukumnya sudah jelas dan transparan, memihak kepada konsumen.

Salah satu contoh pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang telah terdaftar adalah Kredivo. Kredivo bisa memberikan pinjaman tunai hingga 30 juta rupiah bagi member premium. Bunga cicilan Kredivo sangat rendah dibandingkan dengan perusahaan sejenis dan terjangkau sekali hanya 2,6% per bulan. Cicilannya juga fleksibel dan bisa diangsur sampai dengan 12 bulan. 

Selain cicilan, kredivo juga memiliki pinjaman tunai menerapkan bunga serupa. Perbedaannya, hanya dikenai biaya admin sebesar 6% saja yang diambil dari pokok pinjaman di muka. Sehingga debitur tidak perlu menyediakan uang muka maupun jaminan ketika mengajukan pinjaman lewat Kredivo.

Kredivo sudah bekerjasama dengan ratusan mitra yang kini bisa melakukan transaksi secara online maupun offline.  salah satu contohnya misalnya seperti restoran cepat saji seperti McDonald,  gerai ritel seperti Ikea,  atau counter handphone seperti Erafone.  Semuanya bisa menerima transaksi lewat Kredivo baik secara online maupun offline. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *